BJ. Habibie : Pesawat N-250 Akan Diredesain Sesuai Selera Pasar


Pesawat N-250

Mantan Presiden BJ Habibie bertekad mewujudkan kembali mimpinya agar pesawat komersial tipe N-250, yang pernah terbang 17 tahun silam, bisa mengangkasa lagi. Ia mengungkapkan langkah mewujudkan impian itu saat berbicara di Bandung pada Jumat (10/8). Dua perusahaan, yakni PT Eagle Cap milik mantan Dirut Bursa Efek Jakarta, Eri Firmansyah dan PT il Thabie milik dua anak Habibie yakni Ilham dan Thareq, yang menyatu di bawah bendera PT Radio Aviation Industry (RAI), akan mendanai program N-250 itu. Menurut Habibie, N-250 akan diredesain sesuai dengan selera pasar. “Saya yang punya gambarnya,” kata mantan Menteri Ristek dan Teknologi era Presiden Soeharto ini.

Mesin pesawat juga akan diperbarui. Semua ditanganinya. “Mereka (BPPT dan PT DI) tidak akan bisa membuat pesawat kalau tidak punya gambarnya,” kata mantan Dirut PT Dirgantara Indonesia (PT DI) itu.

Habibie telah mematenkan seluruh rancangannya. Bapak Teknologi Indonesia itu akan berkontribusi pada sumber daya manusia dan rancang bangun pesawat. “Kalau urusan bisnis, biar anak-anak saya,” tambahnya.

Habibie bertambah optimistis karena banyak mantan anak buahnya yang bekerja di industri pesawat terbang asing akan kembali ke Indonesia. “Mereka sudah menelepon eyang (panggilan akrab Habibie) menanyakan kapan bisa pulang dan bekerja,” ujar Habibie tersenyum lebar.

Pada kesempatan terpisah, Eri Firmansyah mengatakan perjanjian kerja sama PT Eagle Cap dan PT il Thabie sudah ditandatangani sekitar sepekan yang lalu. Namun, Eri belum bisa memerinci kapan program pengadaan pesawat berbaling-baling itu dimulai. “Ini masih tahap awal. Sesudah (penandatanganan) masih akan dilakukan studi karena spesifikasinya berubah,” katanya.

Dengan digulirkannya kembali program pesawat N-250, Eri berharap bisa menggairahkan industri penerbangan baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu memproduksi pesawat sendiri.

Sumber daya manusia (SDM) Indonesia tidak kalah jika dibandingkan dengan SDM Amerika, Eropa, serta negara maju lainnya. Habibie membuktikan itu. Menurut dia, di dunia ini baru dua orang yang mendapatkan medali emas Edward Bruner Award, penghargaan yang diberikan badan penerbangan sipil dunia bentukan PBB. Medali itu hanya diberikan setiap 50 tahun sekali. Habibie adalah orang kedua di dunia yang mendapat penghargaan itu untuk kategori ahli perancang keselamatan dan keamanan penerbangan sipil. Penghargaan diberikan pada 7 Desember 1994 di Montreal, Kanada, sembilan bulan menjelang peluncuran N-250. “Ini fakta sejarah bahwa kualitas SDM Indonesia sama dengan Eropa, Jepang, Amerika, dan China,” tegasnya.

Habibie mengaku tidak akan melupakan jasa anak Indonesia yang dulu bekerja di IPTN dan BPPT mewujudkan N-250 dan N-130 bermesin jet. Sampai sekarang Habibie masih memercayai SDM Indonesia. Dengan cara itu dia berharap ada regenerasi para ahli penerbangan. “Saya mengharapkan ITB, UI, UGM kembali digiatkan dalam riset-riset yang mendukung inovasi nasional,” katanya lagi.


  • adi

    Ya semoga pesawat2 buatan Indonesia mengudara lagi dan pswt jenis jetnya diproduksi lagi biar bisa nyaingin ssj 100 bombardier atau A320 gtu…

  • D.afiandi

    Well done !

  • D.afiandi

    Well done !

  • pak ibar

    Lewat internet ini, saya mengutarakan ucapan terima kasih
    saya kepada MBAH JORO yang telah
    membantu kehidupan keluarga saya, dulu’nya saya Cuma se’orang buruh kasar yang
    bekerja di salah satu kebun kelapa milik pak H. LAHDO di daerah palembang ..
    penghasilan saya perhari Cuma 30ribu rupiah, hanya pas pas’san untuk
    mengecukupi ke’hidupan keluarga saya..

    Alhamdulillah sekarang berkat angka ritual MBAH JORO Impian saya selama ini,
    sudah jadi kenyata’an.. saya sudah memiliki kebun kelapa se’luas 3hektar..

    Kehidupan keluarga saya’pun jauh lebih baik dari pada sebelum’nya.. TERIMA
    KASIH MBAH JORO

    Buat saudara bapak/ibu yang ingin mendapat’kan REJEKI dalam dunia TOGEL..

    Hub/telpon MBAH JORO Di No
    Hp//0823//4557//3962//di jamin100% anda akan sukses.

    (`’•.¸(` ‘•.
    ¸* ¸.•’´)¸.•’´)

    «´ Thanks sOb

    (¸. •’´(¸.•’´ *
    `’•.¸)`’•.¸ )

    SELAM KOMPAK
    SELALU,,,,,,,,,,

Dapatkan Berita dan Info Pesawat GRATIS!

Masukkan Alamat Email di Sini:

**Jangan lupa segera periksa email Anda untuk konfirmasi layanan ini.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers