T-50 Golden Eagle : Pesawat Tempur pertama Buatan Indonesia


Pesawat Jet Tempur T-50 Golden Eagle

Kita Pasti sering berfikir, dengan semua kapasitas dan teknologi yang dimiliki, kenapa sampai sekarang Indonesia belum dapat membuat Jet tempur sendiri? Akhirnya PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang berkerja sama dengan Korea Selatan telah siap mengerjakan proyek pengembangan model pesawat tempur T-50 Golden Eagle senilai US$8 miliar. Dari sumber berita yang beredar saat ini, Direktur Integrasi Pesawat PT DI Budiwuraskito mengemukakan sejumlah sarana dan prasarana yang dimiliki badan usaha milik negara (BUMN) tersebut mampu mengerjakan pesawat tempur sejenis T-50 Golden Eagle yang merupakan pengembangan pesawat oleh Korea Selatan-Amerika Serikat. “Kalau memroduksi sendiri [pesawat tempur] belum bisa, tetapi kalau bergabung dengan Korea Selatan bisa terlaksana,” katanya.

PT DI memiliki pengalaman dalam bidang kualifikasi dan sertifikasi dalam memproduksi pesawat-pesawat terbaik  yang berkecepatan rendah seperti CN-235. Sementara itu, Korea Selatan berpengalaman dalam memproduksi pesawat berkecepatan tinggi atau melebihi kecepatan suara (1 mach) T-50 Golden Eagle. “PT DI memiliki lahan, laboratorium, ruang perakitan, sumber daya manusia, dan lain-lain. Jadi sebetulnya tinggal penggabungan teknologi saja,” katanya. Budi mengatakan pengembangan dan pembangunan model pesawat yang ditawarkan Korea Selatan baru untuk jenis tempur (fighter), sementara pengembangan model pesawat jenis lainnya seperti jenis stealth (siluman), belum masuk program.

T-50 Golden Eagle yang merupakan pengembangan pesawat oleh Korea Selatan-Amerika Serikat

Dia menilai kerja sama pengembangan pesawat tempur kemungkinan bisa diwujudkan pada tahun ini setelah pemerintah Korea Selatan memberikan lampu hijau atas program kerja sama. “Pemerintah Korea Selatan tinggal menunggu persetujuan parlemennya dalam program pengembangan pesawat ini,” katanya. Di bidang penguasaan teknologi pesawat terbang, Indonesia telah terkenal sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memproduksi dan mengembangkan pesawat sendiri. Walaupun di bidang pemasaran produksi pesawatnya sendiri harus kita akui cuma masih kalah dalam mengembangkan dan memasarkannya ke seluruh dunia.

T-50 Golden Eagle di kembangan oleh model pesawat yang ditawarkan Korea Selatan baru untuk jenis tempur

Akan tetapi, beberapa tahun belakangan ini, beberapa negara mulai mengalihkan perhatiannya ke pesawat buatan Indonesia, sebut saja Malaysia, Pakistan, UAE, Philipina, dan Korea Utara, serta beberapa negara lainnya. CN-235 tampaknya akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas di beberapa tahun kedepan setelah lebih banyak negara yang sadar akan kehandalannya. Malaysia sendiri berencana memesan 4 pesawat tambahan untuk menambah jumlah pesawat CN-235 yang sudah mereka miliki.

spesifikasi T- 50 Golden Eagle:

Karakteristik umum

* Kru: 2
* Panjang: 42 ft 7 in (12.98 m)
* Lebar sayap: 30 ft 1 in (9.17 m)
* Tinggi: 15 ft 8.25 in (4.78 m)
* Berat kosong: 14,200 lb (6,441 kg)
* Berat maksimum lepas landas: 26,400 lb (11,985 kg)
* Mesin: 1× General Electric F404 afterburning turbofan
o Dorongan kering: 11,925 lbf (53.07 kN)
o Dorongan dengan afterburner: 17,775 lbf (79.1 kN)

Performa

* Kecepatan maksimum: Mach 1.4
* Jarak jangkau: 1,150 mi ()
* Batas tertinggi servis: 48,000 ft (14,630 m)

Persenjataan

* Guns: 1× M61A1 Vulcan 20 mm Gatling gun
* Rockets: LAU-3/68
* Missiles:
o Air-to-air: 2× AIM-9 Sidewinder
o Air-to-ground: 6× AGM-65 Maverick
* Bombs: 5× CBU-58 cluster, 9× Mk 82, 3× Mk 83/MK 84, and 9× Mk 20. LM


  • wong jowo

    KATROOOOOK yang buat, kebiasaan orang Indonesia ada sumber dikit gak pernah ditelusuri sumbernya langsung di COPAS, pantes bangsa ini gak pernah maju dan direndahin bangsa seberang dibilang Indon.
    Pesawat di atas adalah buatan “KOREA SELATAN” sedangkan proyek pesawat tempur Indonesia – korsel diberi kode nama KFK/IFX. CUIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIH

    • bbx

      bener banget,karena asal copas ginian kita diejek habis-habisan sama blog negara sebelah. .
      dibilangnya indon tukang ngarang

  • restu agung

    wong jowo anda baca yg benar, pahami dlu, lah negara sebrang yg mana, malaysia,thailand,brunei pun blum bikin, hargai lah karya anak bangsa jgn bsa’a cuma ngerendahin kya yg bsa bkin saja,

  • adi

    mas,T50 tu buatan korsel,indonesia beli dari korsel,nah kalo yg joint indo&korsel ya itu KFX,betul kata mas jowo. Salam damai.

  • bbx

    hahahaha,iye ni parah..asal copas.
    T-50 golden eagle itu joint development korsel dibantu as,karena basic pengembangannya nya dari f-16. .
    ckckck

  • bbx

    btw,liat noh tulisan ekornya 001 kai. .kai tu pabrikan dirgantaranya korsel.peace

  • Cah

    Tenang mas bro,smua di krja kan orang di indonesia.korsel cm mandor

  • Thiwid Widyarto

    Maaf, ini sumbernya dari mana ya? Setahu saya Indonesia belum pernah membuat pesawat Tempur. T-50 Golden Eagle ini adalah buatan Korea Selatan namun kalau tidak salah Indonesia pernah merakitnya (atau mungkin bukan merakit tipe yang ini). Adapun kerjasama Korea-Indonesia adalah pengembangan pesawat tempur K/IFX (Korea/Indonesia Fighter Experiment) atau F-33, bukan T-50 Golden Eagle. Diharapkan 2013 prototypenya sudah jadi sehingga 2020 Indonesia sudah memilikinya sejumlah 50 unit serta bisa memproduksinya sendiri..

    • hari

      ini orang nga paham alutsista apa kelewatan menghayal ?…… jelas jelas yg buat T50 korea. koch mau di klaim kita yg buat. kita blm bisa membuat pesawat secara utuh. mulai dari baut sampai mesin. cuman body doang.

      • Thiwid Widyarto

        sukurlah, redaksinya sepertinya sudah diralat.. :)

  • Arif Setiawan Liputo

    semoga pesawat tempur Indonesia ini juga bertempur melawan kemiskinan dan kemelaratan rakyat.

  • Suwito

    Mohon klarifikasi, bahwa kerjasama pengembangan pesawat tempur dg Korsel adalah type KF-X. Kalau yg di atas adalah T50, jenis latih lanjut atau serang ringan (A50). Pemerintah RI membeli 16 buah T50 seharga 400 USD.

  • D.afiandi

    Always do d best…..!

  • D.afiandi

    Always do d best…..!

  • m. asror

    bikin sendiri biar mantap

Dapatkan Berita dan Info Pesawat GRATIS!

Masukkan Alamat Email di Sini:

**Jangan lupa segera periksa email Anda untuk konfirmasi layanan ini.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers