Sepuluh Benda Terbang yang Unik


Bukanlah pesawat fiksi tapi ini nyata dan benar-benar ada dan masih ada. Objek terbang seperti pesawat, jet tempur dan helikopter adalah benda terbang yang biasa kita lihat hampir setiap hari. Sebagian besar benda terbang pada artikel ini adalah VTOL – Vertical Take Off dan Landing.

1. Boeing X-50 Dragonfly

Boeing X-50 Dragonfly

Boeing X-50 merupakan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh Boeing dan Darpa untuk tujuan menunjukkan pronsip bahwa rotor helikopter dapat dihentikan dalam penerbangan dan bertindak sebagai sayap statis.

Ukurannya 5,39 meter dengan lebar sayap 2,71 meter. Kecepatan maksimalnya 700km/jam dengan muatan maksimum 91kg.

2. Sikorsky Cypher

 Sikorsky Cypher

Juga merupakan jenis UAV yang dibuat oleh Sikorsy Aircraft di akhir 1980-an. prototipe kedua bernama Cypher II. Sebagai penggerak, VTOL ini menggunakan 2 rotor berlawanan yang tertutup penutup yang melingkar. Prototipe pertama sukses terbang di tahun 1992. Pesawat ini dapat mengngkut beban sebanyak 23 kg.

Sikorsky Cypher berukuran 1,88 meter dengan diameter rotor 1,22 meter. Kecepatan maksimumnya 52 knot atau 97 km/jam dan waktu tempuhnya sekitar 2-3 jam.

3. British Rolls-Royce Thrust Measuring Rig – The First Flying Bedstead

British Rolls-Royce Thrust Measuring Rig – The First Flying Bedstead

First Flying Bedstead (“Ranjang Terbang Pertama”) adalah pesawat VTOL eksperimental dengan 4 kaki yang menyerupai ranjang terbang. Pertama kali diterbangkan dengan sukses pada tahun 1953 di Nottinghamshire, Inggris.

Pesawat ini dikembangkan untuk penelitian sistem angkat langsung dengan menggunakan tenaga mesin sendiri, bersama dengan metode terkait untuk mengendalikan pesawat. Prinsip kerjanya ditujukan untuk digunakan pada pesawat VTOL selanjutnya.

4. Hiller X-18

Hiller X-18

Hiller X-18 dirancang dan dikembangkan oleh Hiller Aircraft Corporation. Merupakan sebuah pesawat angkut kargo eksperimental yang dirancang sebagai objek test untuk teknolodi Tiltwing dan VTOL.

Dioperasikan oleh 3 kru dengan panjang 19,2 meter dengan lebar sayap 14,6 meter. Memiliki kecepatan maksimum 407 km/jam.

5. Armadillo Aerospace Quad

Armadillo Aerospace Quad

Mesin ini terlihat sangat luar biasa. Namanya Armadillo Aerospace Quad. Digunakan untuk bersaing di Lunar Lander Challenge. Mesin utamanya memiliki 2 sumbu vectoring dan pesawat ini sepenuhnya dikendalikan komputer dengan panduan GPS dan serat optik Gyros.

Lebar dan tingginya adalah 75 kaki dengan berat kosong 650 pon.

6. Vertol VZ-2

 Vertol VZ-2

Keunikan sangat tampak pada pesawat ini. Namanya Vertol VZ-2 atau Model 76 yang dibuat di Amerika Serikat pada tahun 1957. Juga merupakan pesawat eksperimental yang bertujuan untuk penelitian untuk VTOL. Badan pesawat ini berangka tubular dan akomodasi untuk pilot di dalam kanopi gelembung (seperti pada helikopter).

Test terbang pertama dimulai pada tahun 1957 dan berlanjut sampai tahun 1958. peswat ini menjadikan transisi pertama dari penerbangan vertikal lalu lanjut ke horizontal. Sampai tahun 1965, pesawat ini telah terbang sebanyak 450 kali. VZ-2 berukuran 8,05 meter dengan lebar sayap 7,59 meter dan kecepatan maksimumnya 340 km/jam.

7. Bell Eagle Eye

Bell Eagle Eye

Bell Eagle Eye model 918 adalah UAV tiltrotor Amerika serikat dan dibuat untuk Bell. Proyek dimulai pada tahun 1993 dan terbang perdana pada 6 Maret 1998.

Pesawat unik ini berukuran 5,56 meter dengan lebar sayap 7,37 meter. Kecepatan maksimalnya 360 km/jam dengan waktu tempuh 6 jam.

8. Lockheed XFV – Tailsitter

Lockheed XFV - Tailsitter

Lockhed XFV adalah prototipe eksperimental Amerika yang dibuat oleh Lockhed. Tujuan penciptaannya adalah untuk melindungi konvoi didarat dengan sistem VTOL-nya.

Panjangnya 11,23 meter dengan lebar sayap 8,36 meter. Kecepatannya dapat mencapai 930 km/jam. Dilengkapi dengan sebuah meriam 4×20 mm dn roket 70mm. Pesawat ini kadang-kadang juga disebut dengan julukan “Salmon”.

9. Bell X-22

Bell X-22

Bell X-22 merupakan peswat buatan Amerika. Dapat take off dan landing secara vertikal pada landasan pacu yang pendek. Ditujukan untuk memebri wawasan yang lebih dalam pengaplikasian sistem VTOL. Pesawat ini dioperasikan oleh 2 kru.

Panjangnya 12,07 meter, 11,96 meter panjang sayap belakang dan 7,01 meter panjang sayap depan. Kecepatan maksimumnya 221 knot atau 410 km/jam.

10. Lunar Landing Research Vehicle (LLRV)

Lunar Landing Research Vehicle (LLRV)

LLRV dikembangkan oleh Bell Aerosystems merupakan bagian dari proyek Apollo sebagai simulator pendaratan di bulan. Bermesin jet tunggal dan menggunakan roket hidrogen peroksida. Karena keberhasilannya, 3 LLRV dibuat dan digunakan oleh astronot Apollo di Wahana Pusat Antariksa Houston, texas.

Hampir semua LLRV hancur dalam kecelakaan terbang, namun tujuan membangun kursi lontar untuk pilot aman untuk semua kasus. Ukurannya 6,85 meter dengan lebar sayap 4,6 meter. Kecepatannya 40 mph dengan tingkat pendakian 3.600 kaki/menit.


2 Responses to “Sepuluh Benda Terbang yang Unik”

  1. soal BUMN says:

    wow,,,, keren bnget psawat’a

  2. rumah dijual di surabaya says:

    keren…..

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Dapatkan Berita dan Info Pesawat GRATIS!

Masukkan Alamat Email di Sini:

**Jangan lupa segera periksa email Anda untuk konfirmasi layanan ini.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers